Skip to main content

Salah Jalan

Mungkin ini bisa jadi pertimbangan buat kalian-kalian yang mau kuliah di kampus gue. Mungkin lo bakal mikir gue ga bersyukur lah, atau gengsi lah, tapi jujur. untuk kali ini, penilaian gue ga ada hubungannya sama sekali sama si kuning.
1. Univ gue itu, yang katanya masuk 4 besar webmetrics itu, ternyata bukan didasarkan kualitas pengajarannya, tapi berdasarkan web2nya yg aktif. Jadi, jangan keburu bangga dulu kalo univ ini masuk peringkat lumayan.
2. Masih pake wali kelas, bukan PA. Jadi tiap semester ganti wali kelas.
3. Kalo di kampus lain, 1 sks berarti pertemuan 1 jam pelajaran per minggu, kan? nah, disini lain. contoh, semester 1 kemarin gue dpt B. indo 1, 1 sks. tapi tiap minggu pertemuannya 2 jam pelajaran. Contoh lainnya, aplikom 1, 2 sks. tapi aslinya aplikom ini dibagi 1A dan 1B, dan masing2 dpt jatah 2 jam pelajaran per minggu. Jadi total untuk aplikom ada 4 jam pelajaran.
3. Ilab. Gatau dan ga peduli juga apa kepanjangannya. Awalnya gue kira praktek komputer gitu, tapi ternyata disana gue cuma ngejawab pertanyaan di komputer yg sebenernya ga usah pake komputer pun juga bisa dijawab. Ada lagi yg unik. Gue kira bahan pertanyaan ilab ada di pelajaran aplikom. Ternyata nggak. Tiap minggu gue harus download modulnya yg sama sekali GA ADA hubungannya sm pelajaran aplikom yg gue pelajarin saat itu maupun bidang ilmu yg gue pelajari (psikologi).
4. Kalo di univ lain, ip bisa diketahui sebelum jadwal kuliah keluar. Kenapa? karena ip menentukan banyaknya sks yg bisa kita ambil semester depan. Kalo ip nya diatas nilai tertentu, boleh ambil sks lebih banyak di KRS. Di gunadarma beda. IP baru diketahui berabad abad setelah uas, dan SETELAH keluar jadwal kuliah semester depan. Dan pengisian KRS dilakukan ditengah-tengah semester. Aneh tapi nyata, kan? Jadi intinya, percuma dong dpt ip gede karena toh sks yg terambil sama dg yg ip nya biasa aja?
5. Mata kuliah softskill. Pada intinya, dosennya cuma masuk sebulan sekali dan nanti kita dikasih tugas yg dikumpulkan lwt internet. Semester lalu gue dpt mata kuliah ini, Ilmu Budaya Dasar. Dan gue merasa ga dapet apa-apa dr mata kuliah ini. Pertama, karena dosennya jarang masuk. Selama 1 semester, cuma 2 kali masuk, itu dg 2 dosen yg berbeda. Dosen pertama, dtg dan ngomong ngalor ngidul entah ttg apa, terus ngasih tugas paper : Hubungan Kebudayaan dan Kekuasaan. Minggu depannya, ganti dosen. Dosen yg ini ngomong ttg kebudayaan dan arsitektur. Oke, gue dpt intinya. tapi pas gue liat dibuku, apa yg diomongin sama ke2 dosen tsb sama sekali ga ada hubungannya sama materi IBDnya sendiri.
6. Absen. Maaf sebelumnya kalo ini menyinggung pihak2 yg sering membolos krn alasan apapun. Jadi begini. Idealnya, pihak kampus menetapkan absen minimal bagi mahasiswa untuk ikut ujian. Tertulis sih di buku panduan kampus. Tapi nyatanya, banyak temen sekelas gue yg dtg pas uts atau uas doang. Gue ga ngerti kenapa mereka ga diusir atau dipanggil. Atau minimal hasil ujiannya ga diperiksa lah. Pas uas sih gatau, tp pas uts, mereka2 yg SANGAT jarang masuk tetep dpt nilai.
Itu aja yg membingungkan gue selama kuliah. Saran gue, coba deh diperbaikin sistemnya, atau beri penjelasan supaya gue ga terus mengeluh soal kampus ini.
Yang masih membuat gue bertahan dikampus ini adalah karena segitu besarnya keinginan gue jadi psikolog. Ga usah di si kuning pun, gue udah ga peduli. Gue yakin, pasti ada jalan lain, lewat kampus ini. Tapi, kalo begini terus, gue pasti udah salah jalan. Ya kan?

Comments

  1. tambahan lah
    udah masuk semester 2, KTM masih juga belom dibagiin

    ReplyDelete
  2. sabar ya Ilah =..=

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Serena (1)

“Dia cuma teman” ucap Leni mantap. “Teman?” tanya Rea dengan alis diangkat. “Iya, teman kerja.” jawab Leni. Ia sudah tidak semantap tadi. Rea menggebrak mejanya dengan sedikit kesal. “Dan lo percaya gitu aja? Len, lo ga ngerasa kalo cowok lo terlalu sering cerita soal si Sere?” Leni menggeleng. “Hmm .. iya juga sih..” “Lo udah pernah ketemu sama si Sere Sere ini?” Leni menggeleng. “Gue Cuma denger ceritanya dari Putra doang. Si Sere ini tinggal sebatang kara, Re. Makanya Putra baik banget sama dia. Lo tau sendiri lah Putra gimana, orangnya ga tegaan.” “Putra itu tetep cowok, Len. Cowok tuh makhluk abstrak yang gak pernah tahan godaan. Apalagi si Sere ini katanya model. Model, Len. Model!” ucap Rea dengan berapi-api. Leni membelalakkan matanya. “Hus, udah ah Re, ga asik dibahas terus-terusan. Gue percaya kok sama Putra.” “Ga boleh, Len. Lo ga bisa percaya seratus persen sama Putra. Kali ini emang cuma makan bareng. Terus pulang bareng. Abis itu apa lagi yang dilak...

Elina

Namanya Ara. Teman sekamar yang baik. Sudah lama sekali ia menemaniku di kamar ini. Rambutnya panjang sebahu, kulitnya kuning langsat. Bola matanya berwarna coklat. Tingginya hampir menyaingi tinggiku. Setiap malam, dia duduk memandangiku. Sesekali dia akan menarik nafas dan menghembuskannya lagi. Pagi ini ia sudah siap dengan seragamnya yang baru. Bukan lagi kemeja putih dan rok biru, tetapi kemeja putih dan rok abu-abu. Ia tersenyum saat memandangku. Berkali-kali ia memutar tubuhnya, memastikan tidak ada yang akan merusak penampilannya hari itu. “Aku tidak bisa tidur untuk menunggu hari ini” ucapnya padaku. Aku tidak menjawab. Aku tahu kegelisahannya. Semalaman ia hanya duduk di depanku, sama sekali tidak menyentuh tempat tidurnya. “Aku bukan anak kecil lagi” tambahnya. Sekali lagi, aku tidak menanggapi perkataannya. Pikiranku menerawang ke pertemuan pertama kami. Aku berada di ruangan yang sesak oleh barang-barang usang. Debu tebal memenuhi seluruh tubuhku. Lalu Ara d...
Myspace Graphics and Myspace Layouts